queen-ing, washing then blogging

Sunday, December 2, 2018

Wonderful Indonesia Jonggol dan Sekitarnya, Dekat di Hati Dekat di Jarak

Aloha!

Apakabar semuanya?
Wiken ini jalan-jalan kemana?
Ke mall, arisan, kondangan, kunjungan ke rumah ortu atau ke obyek wisata?
Awal bulan gini, biasanya jalanan ramai bahkan pasti macet, karena faktor udah gajian jadinya orang pengen hang out keluar rumah, mumpung dompet dan ATM full. Hahaha.
Jangan dihabiskan ya, karena masih ada 25 hari ke depan untuk beraktivitas. Hehehe.

Btw, sudah 9 bulan saya menempati rumah baru di kawasan Timur Cibubur alias Jonggol. Kalo dari rumah jonggol ke mall terdekat sekitar 13 km. Kalo ke rumah orangtua di Bekasi sekitar 45-50 km. Untuk usia Batita (Baru Tigapuluhan Tahun) :D, meski cuma duduk manis di mobil tetep aja kerasa capenya.

Jadi mulai sekarang kalo ga darurat-darurat banget, palingan jalan-jalan sekitaran kompleks aja.
Di perumahan saya ini enak sih sebenernya, ada kawasan yang terkenal dengan sebutan pohon seribu. Tempat dimana di kanan kiri jalan terdapat banyak pohon besar yang rindang dan asri.
Kata orang Bekasi yang juga pindah ke kompleks saya, pohon seribu sebagai alat pencuci otak supaya lupa sama jarak yang jauh. Hahaha.

Di kawasan pohon seribu itu adem banget, plus ada lapangan bola yang luass (ya iyalah luas, kalo sempit ya papan catur) dan banyak orang gelar tiker sembari piknik ala-ala gitu.
Kalau lagi musim peralihan gini, enak. Runputnya hijaaauuuu semua. Kalau kemarau, rumputnya kuning nyaris mati dan botak.

Menurut saya itu udah cukup jadi tempat rekreasi iseng-iseng murah meriah, anak-anak bebas lelarian di area lapangan tanpa takut kena kendaraan lalu lalang.
Banyak juga sih yang dateng buat poto-poto aja. Hahaha.



Tapi ya, tetep aja, jiwa ingin piknik tetap membara. Hahahha. Pucuk dicinta, ulam tiba. Tetiba di grup FB ada yang nanya obyek wisata sekitaran Jonggol.
Ini dia jawaban dari para netizen sekompleks :D

Rumah Jagung


Rumah Jagung terletak di kampung Cimenyan, Desa Sukadamai, Kecamatan Sukamakmur. Belum ada di google map. 
Sang pemilik rumah jagung Oma Wijaya menyatakan bahwa jagung yang digantungkan diseluruh pelosok warungnya itu merupakan jagung hasil panen yang sengaja dikeringkan untuk dijual.
Jadi, sambil menunggu jagung ini kering, jagung ditempelkan di seluruh sudut warung. Ternyata hal ini membuat unik karena membuat banyak warga yang berkunjung ke warungnya. 
Ternyata, rumah jagung memang terlihat sangat mencolok ditengah ladang yang mayoritas ditanami pohon jagung. Warga yang ingin berselfie di rumah jagung pun tidak dipatok biaya, seikhlasnya.
Selain jagung, ada arena bermain anak juga kok. Kids friendly banget deh. Sok atuh dicoba. 

Telaga Rawa Gede




Telaga Rawa Gede berlokasi di Desa Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  Telaga ini merupakan danau alami yang dikelilingi pepohonan, sawah sayuran, air terjun kecil. 

HTM berkisar Rp. 10.000/orang dan Rp. 5000/motor. Obyek wisata ini buka dari pukul 08.00-17.00 
Saat ini obyek wisata ini masih dikelola swadaya oleh karang taruna setempat Desa Sirna Jaya. 

Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam untuk dinikmati sebagai refreshing mata ataupun sebagai selingan dari rutinitas sehari-hari yang minim dengan sesuatu yang tenang, hijau dan sejuk. 
Bisa bersantai di pinggir danau, memberi makan ikan, selfie di beberapa spot atau malahan berendam di kolam kecil di bawah air terjun dan berkemah. 
Beberapa spot bisa dimanfaatkan untuk selfie mulai dari Rp. 2000/orang per 5 menit. 
Sangat terjangkau dan menyehatkan mata.
Disediakan pula kapal motor untuk menjelajah danau mulai dari Rp. 10000/orang 

Curug Ciherang




Curug tersebut berada di Desa Warga Jaya, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Bogor. Curug Ciherang tampak memiliki tiga tingkat, dengan pepohonan hijau subur di kanan kirinya. Wisatawan bisa berfoto dengan latar masing-masing tingkat air terjun yang semuanya cantik.

HTM mulai dari Rp. 5000/orang; Rp. 5000/motor dan Rp. 20000/mobil. 

Jam operasional dari jam 07.00-18.00

Tinggi curug kurang lebih 35 meter dengan debit air yang cukup deras. Terdapat kolam kecil di bawahnya untuk berendam/berenang. Selain curug, terdapat juga jembatan gantung Rumah pohon yang dibangun di atas pohon besar kurang lebih 900 mdpl di tebing jurang, sehingga kita dapat menikmati pemandangannya sekaligus ngeri-ngeri sedap.  


Obyek wisata ini menawarkan lokasi kemping (mulai dari Rp. 75.000 untuk sewa tempat saja) ataupun lokasi penginapan berupa villa di sekitar Curug Ciherang.



Curug Cipamingkis




Curug ini berada tak jauh dari Curug Ciherang, berada di hutan pinus. Akses menuju ke sana cukup sulit bagi pengendara mobil pemula karena lebar jalan belum maksimal untuk 2 mobil. 
Sebelum sampai di lokasi, hutam pinus sudah terlihat di sisi kanan kiri jalan. Untuk sampai ke curug, harus mempergunakan ojek. Kendaraan hanya bisa sampai lokasi parkir. Untuk mencapai lokasi ini agak sulit dicapai dengan kendaraan umum.

HTM mulai dari Rp. 30.000/orang, parkir motor Rp. 2000 dan parkir mobil Rp. 5000.

Obyek wisata ini menawarkan fasilitas perkemahan di hutan Pinus mulai dari Rp. 40.000 untuk sewa tempatnya saja ataupun menyewakan tenda mulai dari Rp. 200.000. Fasilitas pendukung seperti Listrik, MCK dan mushola, warung/tempat makan pun tersedia. 
Tersedia juga fasilitas penginapan Homestay mulai dari Rp. 250.000/12 jam.

Ternyata banyak juga obyek wisata di jonggol dan sekitarnya. Hahaha, alhamdulillah berarti saya ada di peradaban, ga terpencil-terpencil amat. Hahaha.

Gaes, bagi yang punya obyek wisata favorit sekitaran tempat tinggal kamu, yuk ikutan Wonderful Indonesia Blog Competition 2018 dengan hadiah total 5 juta rupiah. Mayan kan untuk travelling ke obyek wisata yang kamu ceritakan. Ye kan?
Kuy lahhh.





Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)