queen-ing, washing then blogging

Friday, October 19, 2018

ASUS Zenfone Selfie Saya Black Screen!



Aloha!

Apakabar?
Apakabar HPnya? masih sehat juga kah atau minta di lem biru ? hihihi.

Ngetik postingan ini, saya jadi inget beberapa waktu lalu saya datang ke event di Cikarang dengan berbekal HP yang batrenya saya hemat-hemat. Ga bawa powerbank? Ya bawa sih, cuma kadang powerbanknya duluan abis sebelum HP saya penuh. Syukurnya batre saya pas, sempet live IG, sempet ngetwit, sempet poto-poto juga pake HP itu bahkan sempet pesen ojol pas turun di tol Jatibening. Ketemu sama blogger-blogger yang cuma saya folback di sosmed, dan ada juga yang senasib HPnya sama HP saya. Disitu aku merasa tak sendiri. Hahaha. Tapi dia bawa kamera cadangan, kamera DSLR, sementara saya...

Baca juga : Kunjungan Ke SAVASA Deltamas Cikarang

Lalu, tibalah pada suatu hari, 2 hari yang lalu kalo ga salah, saya baca dongeng sebelum tidur di HP (baca : scroll-scroll timeline sosmed di HP) lalu ketiduran, lalu anak saya yang belum tidur mengambil HP saya untuk nonton youtube. Loh kok emaknya bisa tidur sementara anaknya masih berkeliaran? Ya bisalah, ada yang jagain anaknya. hahaha.

Pas sorenya, pas saya mau liat HP eh kok Black Screen, ada garis vertikal putih semacam prompt tapi ga kedip di kiri atas layar. Lampu LED masih nyala merah (low bat) kadang vibrate layaknya ada notifikasi baru, tapi mana saya tau ada notif apa? la wong layarnya item doang. Ya udahlah saya restart aja. Booting masih lancar, logo ASUS tetep jalan tapi pas di home screen (ngira2 juga sih) black screen aja gitu. Matiin lagi, keluarin batrenya, ulang lagi. Masih juga sama. Apa ya yang salah. Karena sudah sore, saya males ngutak-atik, ya sutrahlah, saya charge aja semaleman sampe lampunya hijau tanda full bateray.

Menurut saya ada beberapa kemungkinan black screen ini:

1. Layarnya emang bener rusak.
Eh tapi pas booting, logo ASUSnya masih sempurna dan booting juga sempurna. Berarti sebenernya layarnya masih bisa berfungsi.

2. Aplikasi ada yang crash.
Beberapa hari ini muncul notifikasi aplikasi Ojol karya anak bangsa bikin drained battery, padahal dibuka/digunakan aja engga. Juga IG, baru liat beberapa IG story langsung hang. Ketika hang, saya pencet home, back, folder-folder, stuck lalu pas bisa, tampilan layar ke mode one hand operation (mengecil).


Semaleman cuma mikir, haduh kalo HP saya ini rusak, belinya lagi pake apaan. HP yang RAMnya gede kaya gini, harganya lumayan bikin lumanyun. Oiya ini HP saya adalah Zenfone Selfie generasi pertama (zenfone berapa ya? 2 mungkin?!) diperoleh dari launching ASUS Zenfone 2015 karena menang blog contest. O em ji, 3 tahun lalu ya. Ya emang sih HP biasanya umurnya sekitar 3 tahunan ya?

Baca juga : Launching Zenfone Zenfestival 2015

Lalu, saya biarin aja tuh seharian. Ngerjain kerjaan rumah dari nyuapin makan pagi, mandiin, nyuci, sapu pel, sampai nyuapin makan siang, ngelonin anak bobo siang, baru boyong leptop ke area yang terkena WIFI tetangga. Hahaha. Sepanjang hari itu, saya ga kuatir apa-apa sih, maksudnya kuatir bakalan ga eksis, ga bisa cek flash sale, ga bisa cek ini itu. Ya santai aja, siapin mental kalo ternyata HP saya rusak dan belum ada gantinya.

Boyong leptop searching di google dan youtube dan semua menyarankan untuk factory reset. oiya, sebelum itu, update status dulu di fb kalo HP saya rusak, yang mau menghubungi bisa via imel dan telepati. Ya abisan saya juga ga ngerti harus gimana?!

Sebelum factory reset, pastikan udah backup data yang ada di HP. ITU TEORINYA. Siapa yang tau bakalan crash sebelum di back up dan saya salah satu korbannya. Sama halnya kaya mati, ga ada yang tau kapan bakalan mati. Efek nonton Bekal Sebelum Ajal di ANTEVE tiap siang. BERFAEDAH SEKALI NONTON ORANG HIDUP DIMASUKIN KE LIANG KUBUR DAN KATANYA MENCICIPI AZAB ALAM KUBUR SEBAGAI SHOCK THERAPY.

Kembali ke laptop.
Iya sih salah saya juga, ada wifi di rumah bukannya otomatis back up.
Back up atuh di laptop. Sudah dicoba di laptop sis, tapi apa daya, mungkin karena crash itu, PC linknya ga terinstall dengan sempurna. Ya udahlah, dengan mengucap bismillah dan siap mental bahwa semua data akan kehapus karena kembali ke factory reset, saya mulai factory reset dengan menekan tombol volume up + power.
Factory resetnya mah cepet banget, ga ada 1 menit. Padahal fotonya ada 500, videonya 20an. Huhuhuhuhu. Aku sedih, ada foto lahiran Andini, ultah Arman, Andini.

Dan setelah factory reset, voila. Kembali seperti awal HP ini sampai di tangan saya.
Oiya, pada saat factory reset, pastikan ada wifi ya. Kalo bisa juga semua kartu SIM sudah terpasang berikut memory card.
Lalu?
Ya alhamdulillah HPnya masih bisa dipake buat komunikasi, sosmed dan nonton youtube.

Moral of the storynya :


1. Cek berkala storage HP dan aplikasi yang terinstall.
Untuk aplikasi yang kira-kira "wah bakal dibutuhin kalo mau pesen tiket" padahal naik pesawat aja 30 tahun sekali, HAPUS aja.
Begitu juga game, kalo HPnya dipake bareng anak, keep game yang dia mainin aja, game kita hapus aja. Kenapa? Ya karena HP bakalan dipake dia main, lalu dibalikin pas batrenya habis. Pas kita pake, ngerjain hal-hal penting seperti bayar tagihan ini itu dsb dsb.

2. Hidupkan auto back up.
Apalagi kalo di rumah ada wifi, bikin auto back up ke cloud tiap hari. Biar ga nyesel kaya saya. Hahaha

3. Gunakan kartu memory kapasitas besar.
Memory card saya cuma 2gb coba!! Mau beli yang lebih besar kok males. Jangan ditiru ya. Apalagi pas saya nyadar, foto2 kemaren udah saya folder2in masing-masing eh tapi disimpennya di internal storage. WASSALAM. Coba kalo di SD Card, pasti masih bisa terselamatkan.

4. Atau pakai USB OTG.
Minimal seminggu sekali dipindahin ke situ, terutama sih video dan foto. Karena kalo file-file dokumen biarlah terhapus.

Okay?
Intinya, solusi untuk BLACK SCREEN adalah FACTORY RESET.
Semoga HP kalian baik2 saja ya.
Amin.

PS. Jangan ngarep saya motoin keadaan black screen HP saya, soalnya HP saya satu satunya doang. Hahahaha
1 comment on "ASUS Zenfone Selfie Saya Black Screen!"
  1. Kok sama kaya aku ya? jarang ingat bawa powerbank... untung itu masih bisa foto-foto...

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungannya. Komennya dimoderasi. Semua komen saya baca Dan akan segera saya kunjungi balik :)